Uncategorized

Tips menanam kelengkeng

Tips menanam kelengkeng-Siapa sih yang tidak kenal dengan buah yang satu ini, kecil,manis dan banyak penggemarnya. Yaa kelengkeng nama buah itu, tetapi taukah anda bahwa untuk tanaman yang satu ini akan memerlukan perawatan extra kalau kita menanam dengan cara tabulampot dan bagaimana Tips menanam kelengkeng??

 

tips menanam kelengkeng

tips menanam kelengkeng

Eits tenang saja, kali ini saya akan membahas tentang Tips menanam kelengkeng  berupa tabulampot (kelengkeng) dengan simple dan pastinya akan rajin berbuah..

Terus bagaimana Tips menanam kelengkeng??

Simak terus ya tipsnya ini.

 

  1. Pemilihan Bibit

Bila kita ingin membuat tabulmpot (Tanaman Buah Dalam Pot) sebaiknya memperhatikan bibit yang akan kita tanam. Yaa agar memastikan pohon kita berkualitas. Heheehe

 

  1. Pemilihan pot

Pot untuk tabulampot bisa berasal dari Drum, Plastik atau Semen cor. Semakin tinggi bibit yang anda peroleh saya rekomendasikan untuk menggunakan pot yang mimiliki tinggi dan diameter yang lebih besar. Contoh : untuk lengkeng yang memilii tinggi 30-40cm anda bisa gunakan pot yang memiliki diameter 40-50cm. Bila bibit lebih tinggi dari itu, anda bisa gunakan pot yang memiliki diameter lebih besar dari itu.

  1. Pemilihan media

Media tanam yang baik adalah campuran tanah, pasir,skam dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1:2. Pupuk kandang yang digunakan sebaiknya meggunakan taikam/taidom (tai kambing dan Domba), yang mengandung fosfor lebih banyak. Pastikan anda gunakan sterofoam atau pecahan genting di dasar pot setinggi 4-5 cm untuk menghindari media yang basah.

 

 

  1. Penyiraman

Penyiraman yang baik dianjurkan 2 hari sekali sebanyak 1- 2 gayung saja, karena media yang terbatas. Bil berlebihan ini isa mengakibatkan akar terendam, busu, bercacing. Efeknya tanaman lengkeng bisa MATI.

  1. Pemupukan

Pemupukan sebaiknya dilakukan berkala 1 bulan sekali. Dengan diimbangi penyemprotan menggunakan FITONUTRITION untuk pertama 1x seminggu / 1 bulan 3x.

  1. Pemangkasan

Pemangkasan diperlukan untuk memperindah tajuk. Rumus pemangkasan yang baik seharusnya menggunakan pola 1:3:9. Dengan banyaknya cabang maka tempat calon bakal bunga akan banyak pula.

  1. Pencahayaan

Agar lengkeng cepat berbuah sebaiknya disimpan pada tempat yang memiliki pencahayaan 6-7 jam per hari.

Dengan melaksanakan langkah-langkah diatas lengkeng saya dirumah mampu berbuah 3 x dalam setahun dengan rata-rata buah perpot 2-3 kg.

Untuk pemesanan Fitonutrition bisa pesan di kami dengan klik dibawah ini dan nanti akan ada kontak WA pribadi saya 🙂

KLIK DISINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *